Hi readers, selamat datang kembali di postingan Blog Aze IT Studio. Kali ini saya akan membahas tentang CORE Banking System.

Mungkin sebagian dari readers ada yang sudah mengenal ini terutama bagi readers yang bekerja di dunia perbankan.

temenos t24

Gambar 1. T24 CORE Banking System

Jika ditinjau dari namanya, dapat dikatakan bahwa CBS ini adalah suatu sistem informasi. Sistem informasi adalah serangkaian sub sistem yang menyeluruh dan terkoordinasi serta terpadu yang mampu menstransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Tujuan dari sistem informasi adalah menyediakan informasi untuk membantu pengambilan keputusan, untuk membantu dalam melaksanakan operasional dan menyediakan informasi yang layak untuk end user.

Perbankan merupakan salah satu industri yang membutuhkan dukungan dan peranan teknologi informasi, mulai dari melakukan pekerjaan sehari – hari misalnya input data pembukaan rekening tabungan yang dilakukan oleh customer service, transaksi yang dilakukan oleh nasabah baik secara elektronik (ATM) maupun internet (internet banking) sampai dengan melakukan penetrasi ke pasar.

Salah satu sistem yang sangat dibutuhkan oleh bank adalah CORE Banking System (CBS)  yang berperan sebagai pendukung kegiatan bisnis utama bank seperti yang telah disebutkan diatas.

Sistem CORE pertama kali dibangun oleh RBI (Reserve Bank of India) pada tahun 2000. RBI ingin mencari sistem teknologi informasi alternatif untuk perbankan di India saat itu. Dewasa ini, CORE Banking System menjadi pengontrol aktivitas ataupun sebagai jembatan untuk mengakses aplikasi dan data dari pusat ke cabang begitupun sebaliknya.

CBS sendiri dapat berperan sebagai File Transfer Protocol (FTP), sebagai mail server, realtime monitoring, on the job training dan teleconference. Hal inilah yang menarik minat – minat beberapa vendor IT besar luar negeri untuk meramaikan persaingan pasar CBS mulai dari Oracle dengan produknya Oracle Flexcube dan SAP, kemudian ada juga Fiserv dengan produk Signature, lalu Mysis dengan Bank Master nya, ada juga Temenos Group dengan produknya T24 yang menjadi andalan beberapa bank syariah di Indonesia, dan Silverlake.

T24 CORE Banking System  (T24CBS)

Kali ini saya akan membahas salah satu sistem yang digunakan oleh hampir seluruh bank syariah di Indonesia yaitu Temenos 24 Core Banking System (T24CBS). Suatu perangkat yang divendori oleh salah satu IT bisnis terbesar di dunia yaitu Temenos Group.


Temenos T24


Gambar 2. T24 Architecture

Temenos 24 ini  memiliki arsitektur unik yang mana memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya dalam segi QoS (Quality of Service). Hal ini dikarenakan sistem T24 fleksibel untuk diterapkan atau dipasang ke dalam suatu perangkat server dan mampu menyesuaikan dengan perangkat lainnya karena ukurannya yang relatif kecil.

T24 juga merupakan CBS yang paling mudah untuk dioperasikan dan paling akurat dalam melayani kebutuhan perbankan seperti penghitungan bunga, customer service, dll. Hal ini dikarenakan T24 merupakan hasil pengembangan dari teknologi CBS sebelumnya sehingga hampir semua requirement dari perbankan khususnya perbankan syariah dapat terpenuhi.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh T24 ini antara lain SFTP (Secure File Transfer Protocol), mobile banking, realtime system, perhitungan bank syariah, dll. User dapat menambah aplikasi perbankan yang lain yang dibutuhkan ke dalam sistem.

T24 mampu melayani 1000 transaksi per detik, 10.000 yang terdaftar sebagai user aktif, 10.000 yang sign on sebagai internet user dan 50.000.000 akun terdaftar. Hal ini membuktikan bahwa tingkat reliabilitas T24 sangat tinggi.

Bagaimana readers informasinya? Menarik bukan dan cukup untuk menambah referensi readers dalam mengerjakan tugas kuliah atau laporan kerja praktik.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


*NB: Kata yang tercetak Tebal (Bold) adalah kata kunci agar readers lebih mudah dalam memahami setiap pointnya 

Post a Comment