Hi readers, selamat datang kembali di postingan Blog Aze IT Studio. Kali ini saya akan membagi pengalaman penggunaan gawai Realme 5 Pro lebih dari 3 bulan.

Realme 5 Pro

Gambar 1. Realme 5 Pro

Realme 5 pro yang rilis di Indonesia pada awal tahun 2020 ini menjadi salah satu primadona untuk kalangan kelas menengah keatas. Hal ini dikarenakan smartphone ini memiliki spek yang cukup baik untuk mengerjakan beberapa pekerjaan yang berat seperti gaming, rendering, dll. Dilengkapi dengan beberapa variasi memori + RAM menjadikan smartphone ini menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi Realme 5 pro ini sendiri secara global (diukur dengan Antutu Benchmark) mendapatkan nilai kepuasan user hingga mencapai 9.0 dan nilai perbandingan antara kualitas dan harga mendapatkan nilai sebesar 8.4. Detailnya dapat dilihat dari gambar dibawah ini

Antutu Benchmark

Gambar 2. Indeks penilaian kepuasan user Realme 5 Pro secara global.

(source:  https://www.kimovil.com/en/realme-5-pro/antutu)

Untuk spesifikasi di Indonesia sendiri secara detail sama dengan yang global. Hanya versi India saja yang memiliki perbedaan  dengan yang lainnya. Spesifikasi Realme 5 pro di Indonesia dapat dilihat disini

Pengalaman pribadi saya sebagai user :

Saya sendiri menggunakan device ini sampai sekarang dan merasakan sendiri ada beberapa hal yang tidak saya dapatkan di smartphone lain diantaranya :
  • Suhu (temperatur) yang cukup stabil
Dalam pemakaian 7 jam keatas full non-stop untuk game dan aktifitas multimedia lainnya, device ini tetap menunjukkan temperatur yang stabil. Tidak ada rasa panas di body nya meskipun chipset yang diusung produk ini tergolong yang membuat device gampang panas. Saya merasa mungkin di dalam device ini terdapat cooler yang dapat memitigasi resiko dari behaviour chipset snapdragon yang gampang panas.
  •  Kualitas dari hardware, OS, dan software pendukung
Dengan color OS dan OS Realme yang baru seperti memiliki security yang baik sehingga terhindar dari adware. Ini juga yang membuat saya suka dari smartphone ini. Sistem terasa ringan dan junk file sistem yang sangat sedikit. Kualitas hardwarenya juga menurut saya juara. Tidak ada yang berubah seperti awal pembelian baik itu speaker, kamera, dan hardware lainnya.

Namun jika hanya membahas kelebihannya saja saya rasa tidak adil jika kita tidak mengulas kelemahannya. Baiklah berikut ini saya ingin membagikan apa saja kekurangan yang saya rasakan dari penggunaan Realme 5 pro lebih dari 3 bulan.
  •   Baterai yang sedikit menurun
Bagi orang yang suka bermain game atau multimedia, baterai menjadi faktor utama dalam memilih smartphone yang digunakan. Nah di smartphone ini saya merasa jika kualitas baterainya sedikit menurun. Diawal pembelian, dalam pemakaian wajar (sosmed saja, internet standby, dan tidak ada aktifitas mulimedia) dapat dilakukan dalam waktu 12 jam dengan sisa baterai dibawah 10%. Untuk full aktifitas multimedia dapat dilakukan dalam waktu 7-8 jam  dengan sisa baterai dibawah 10%.

Saat ini setelah penggunaan selama 3 bulan lebih, untuk pemakaian wajar hanya dapat menempuh waktu 10 jam saja dengan sisa baterai yang sama dan untuk aktifitas multimedia hanya dapat ditempuh maksimal 7 jam saja juga dengan sisa baterai yang sama. Hal ini menurut saya ada indikasi bahwa kualitas baterainya sedikit menurun.
  • Update yang terkadang tidak tepat dan ukuran yang sangat besar
Beberapa update yang didapat terkadang malah membuat sistem menjadi error disana sini. Namun di updatean terakhir setelah berubah menjadi OS Realme sendiri problem tersebut sudah diatasi. Selain itu juga, size dari beberapa update ini yang cukup lumayan hingga pernah mencapai 4 GB. Bagi saya yang mengandalkan kuota seluler, tentu saja hal ini cukup berat dan memakan banyak kuota. Yang membuat lebih kurang nyaman lagi adalah terkadang tidak ada perubahan yang terlalu signifikan.
  • Masih terdapat freeze disaat menjalankan aplikasi yang berat
Hal ini saya alami ketika saya bermain PES Mobile dan Call of Duty. Ketika dalam permainan tiba - tiba layar mengalami freeze dan kembali ke home screen dengan aplikasi yang sudah menutup tapi sound effect dari game masih berbunyi. Solusinya tentu dengan direstart biasa dan masalah selesai. Namun yang menjadi perhatian saya adalah dengan spek yang ditwarkan seharusnya freeze ini tidak terjadi. Sampai saat ini saya baru 2 kali mengalami freeze tersebut.

Itu dia review saya terhadap smartphone Realme 5 Pro setelah pemakaian lebih dari 3 bulan.  Bagaimana readers informasinya? Menarik bukan dan cukup untuk menambah referensi readers dalam mencari smartphone yang sesuai kebutuhan.


Sampai jumpa di postingan selanjutnya



Post a Comment