Hi readers, selamat datang kembali di postingan Blog Aze IT Studio. Kali ini saya akan membahas tentang 5 alasan mengapa blog baru sebaiknya tanpa iklan.

Iklan Blog

Mungkin sebagian tujuan utama dari para blogger adalah mencari uang melalui apa yang dia tulis dan posting di blognya. Salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di blognya yang disediakan oleh beberapa penyedia iklan. Namun tentu saja, hal itu tidak dapat dilakukan dengan instan meskipun sebenarnya ada beberapa penyedia jasa iklan menerima blog yang baru seumur jagung, misalnya Adnow.

Namun sebenarnya hal ini juga bisa berakibat buruk bagi kelangsungan blog baru itu sendiri kedepannya. Mengapa demikian? Hal ini lah yang akan saya bahas dalam uraian berikut ini.

1. Pagespeed berkurang


GTMetrix
Gambar 1. Pengukuran pagespeed

Salah satu indikator yang akan mempengaruhi indeksasi adalah seberapa cepat page itu dapat diakses oleh user sehingga bisa diindeks oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo search, dll. Jika blog kita baru, tentu saja belum banyak page atau postingan kita yang terindeks di mesin pencari. Oleh karena itu, kita perlu mempercepat pagespeed agar apa yang kita tulis dapat terindeks oleh mesin pencari. 

Iklan biasanya akan meminta kita untuk menambahkan suatu script. Sadar atau tidak, script tambahan ini akan mempengaruhi page load yang akan membuat page kita lebih lama untuk muncul dan pastinya akan mempengaruhi nilai page speed yang akan berdampak pada indeksasi. Kenapa blog lama tidak terlalu berpengaruh? Blog lama biasanya sudah banyak postingan atau page yang terindeks di mesin pencari. Selain itu juga blog lama pasti telah memiliki banyak konten yang mempengaruhi page size pada penilaian sehingga penambahan script tersebut tidak akan terlalu berpengaruh signifikan.

2. Iklan untuk blog baru dengan visitor yang masih sedikit adalah percuma


adnow

Gambar 2. Dashboard salah satu penyedia iklan

Dengan dipasangkannya iklan di blog kita artinya kita telah setuju untuk memberikan space khusus untuk penyedia iklan mempromosikan sesuatu. Tentu saja kita akan mendapatkan upah atas apa yang telah kita lakukan. Umumnya penyedia iklan memberikan pilihan apakah kita memilih Cost Per Mile (CPM) yang berati setiap 1000 tayangan kita kan mendapat upah, atau Cost Per Click (CPC) yang berati setiap klik pada iklan akan mendapatkan upah, atau metode lain yang melibatkan pengunjung blog.

Setiap penyedia iklan juga memberikan batasan minimal PO (Payout) sehingga saldo tersebut dapat dicairkan ke rekening kita. Agar dapat mencapai limit nilai payout tersebut, tentunya diperlukan jumlah visitor yang tidak sedikit karena nilai per kasi ini sangat sedikit. Sebagai contoh nilai cpc Adnow per satu kali kilk adalah 0,01 $  dan minimal PO nya adalah 50 $ yang artinya kita perlu mendapatkan 5000 klik pada iklan tersebut untuk mendapatkan 50 $. Tentu saja hal ini sangat sulit untuk blog baru yang visitornya bahkan tidak sampai 1000 perhari.

3. Beresiko kehilangan visitor

blog visitor

Gambar 3. Visitor

Memasang iklan di blog yang baru berumur jagung akan mengancam traffik visitor yang mungkin baru saja ingin menjadikan blog kita sebagai sumber referensi mereka. Penambahan iklan baik di tampilan utama atau saat membuka postingan tertentu akan mengurangi kenyamanan pembaca adari blog kita sendiri. Apalagi jika iklan tersebut konsepnya seperti popads atau iklan yang memenuhi layar pembaca. Bagi blog atau website baru, visitor adalah sesuatu yang diharapkan oleh pemilik blog sehingga tentu saja kitap perlu memanjakannya dengan tulisan yang baik dan mudah dibaca. Munculnya iklan tersebut justru akan mempengaruhi minat mereka untuk membaca apa yang kita tulis meskipun itu merupakan hal yang mereka cari saat ini.

4. Kualitas blog

Website seo Checker

Gambar 4. Blog quality


Hal yang tidak kalah penting adalah kualitas blog kita. Sadar atau tidak beberapa pengunjung blog kita mungkin tertarik untuk menulis kembali postingan kita di blog mereka dengan bahasa mereka sendiri dan memberikan backlink untuk blog kita. Backlink adalah sesuatu yang sangat berguna apabila kita ingin meningkatkan reputasi blog kita. Semakin banyak tulisan di dalam blog kita direferensi orang menandakan semakin baik kita dalam menulis sesuatu di dalam blog tersebut.

Masih berhubungan dengan nomor 3 diatas, jika jumlah visitor kita sedikit akibat iklan yang mengganggu, maka tentu saja hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas blog kita secara keseluruhan termasuk jumlah visitor yang akan memberikan ulasan, follow dan juga menulis ulang postingan kita (backlink).

5. Relevansi iklan dengan blog

Beberapa penyedia iklan yang menerima blog baru biasanya tidak mempertimbangkan lagi relevansi antara blog dan iklan. Penyedia iklan cenderung terpaku dengan advertisernya yang ingin memasang iklan tersebut ketimbang dengan publisher (penyedia blog) mereka.  Maka tak jarang hal ini sedikit mengganggu bagi pemilik blog maupun bagi pembaca blog tersebut. Relevansi yang dimaksud adalah sebagai berikut, misalnya blog A membahas tentang teknologi namun penyedia iklan memberikan iklan kesehatan yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Namun, ada juga beberapa penyedia iklan yang mempertimbangkan hal ini seperti google adsense. Tentu saja syarat yang diberikan tidak mudah yang mungkin tidak akan dapat dipenuhi oleh blog yang masih seumur jagung.


Itu saja mengenai 5 alasan mengapa blog baru sebaiknya tidak memasang iklan dahulu. Sampai jumpa di postingan Aze IT Studio selanjutnya.



Terima Kasih







1 Komentar

  1. AMAZING ARTICLE
    please visit my blog
    https://kidscricketcoaching.blogspot.com/2020/06/episode-19-hook-shot-in-cricket-13062020.html

    BalasHapus

Posting Komentar